Jaringan Komputer
Kumpulan dua atau lebih komputer yang saling terhubung, berkomunikasi, dan berbagi data.
Konsep Dasar Jaringan Komputer
Untuk membuat sebuah protocol yang baku, diperlukan sebuah referensi atau pedoman yang disebut OSI (Open System Interconnection). Bentuk ini adalah lapisan OSI:
1. Physical Layer Protocol
Lapisan terbawah, berupa perangkat keras saluran komunikasi yang digunakan, misalnya saluran telepon, radio komunikasi, modem, dan komputer.
Lapisan terbawah, berupa perangkat keras saluran komunikasi yang digunakan, misalnya saluran telepon, radio komunikasi, modem, dan komputer.
2. Link Layer Protocol
Mengatur komunikasi antar dua komputer melalui physical layer.
3. Network Layer Protocol
Mengatur huubungan antar komputer dalam jaringan. Contohnya dalam proses pencarian route hubungan antar komputer.
4. Transport Layer Protocol
Mengirim data antar komputer dalam jaringan.
5. Session Layer Protocol
Standar bios jaringan.
6. Presentation Layer Protocol
Protocol manajemen jaringan, transfer file.
7. Application Layer Protocol
Aplikasi yang dijalankan oleh user, misalnya email, telnet File Transfer Protocol (FTP), dan sebagainya.
7. Application Layer Protocol
Aplikasi yang dijalankan oleh user, misalnya email, telnet File Transfer Protocol (FTP), dan sebagainya.
A. Fisik == Network Interface
Ethernet, FDDI, ISDN, ATM
B. Data Link == Network Interface
Mac == Ethernet, FDDI, ISDN, ATM
LLC == Nama: PPP (Point to Point Protocol)
SLIP (Serial Line Internet Protocol)
Kegunaan: Protocol untuk point ke point
Protocol dengan menggunakan sambungan serial
a. Nama: IP (Internet Protocol)
Kegunaan: Protocol untuk menetapkan routing
b. Nama: RIP (Routing Information Protocol)
Kegunaan: Protocol untuk memilih routing
c. Nama: ARP (Address Resolution Protocol)
Kegunaan: Protocol untuk mendapatkan informasi hardware dari nomor IP
d. Nama: RARP ( Reverse ARP)
Kegunaan: Protocol untuk mendapatkan informasi nomor IP dari hardware
D. Transport == Transport
a. Nama: TCP (Transmission Control Protocol)
Kegunaan: Protocol pertukaran data berorientasi (connection oriented)
b. Nama: UDP (Uset Datagram Protocol)
Kegunaan: Protocol pertukaran data non-orientasi (connectionless)
E. Sessi == Aplikasi
a. Nama: NetBIOS (Network Basic Input Output System)
Kegunaan: BIOS jaringan standar
b. Nama: RPC (Remote Procedure Call)
Kegunaan: Prosedur pemanggilan jarak jauh
c. Nama: SOCKET
Kegunaan: Input Output untuk network jenis BSD-UNIX
F. Presentasi == Aplikasi
a. Nama: SNMP (Simple Network Management Protocol)
Kegunaan: Protocol untuk manajemen jaringan
b. Nama: SMTP (Simple Mail Transfer Protocol
Kegunaan: Protocol untuk pertukaran mail
c. Nama: Telnet
Kegunaan: Protocol untuk akses dari jarak jauh
d. Nama: TFTP
Kegunaan: Protocol untuk transfer file
G. Aplikasi == Aplikasi
a. Nama: DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
Kegunaan: Protocol untuk distribusi IP pada jaringan dengan jumlah IP yang terbatas
b. Nama: DNS (Domain Name Server)
Kegunaan: Database nama domain mesin dan nomor IP
c. Nama: FTP (File Transfer Protocol)
Kegunaan: Protocol untuk transfer file
d. Nama: HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Kegunaan: Protocol untuk transfer file HTML dan Web
e. Nama: MIME (Multipurpose Internet Mail Extention)
Kegunaan: Protocol untuk mengirim file binary dalam bentuk teks
f. Nama: NNTP (Network News Transfer Protocol)
Kegunaan: Protocol untuk menerima dan mengirim newgroup
g. Nama: POP (Post Office Protocol)
Kegunaan: Protocol untuk mengambil mail dari server
h. Nama: SMB ( Server Message Block)
Kegunaan: Protocol untuk transfer berbagai server file DOS dan Windows
Tidak ada komentar:
Posting Komentar